Jumat, April 27, 2012

Perbaiki Hard Disk Eksternal

Beberapa hari yang lalu, coba re-install macbook ke clean install Mac OSX Lion (step-step-nya dibahas di postingan lain ya ;)). Disiapin lah 1 buah hard disk external merk WD 1 TB (mantaffff :P) untuk keperluan backup, setelah backup ke HD eksternal ini selesai (makan 1 harian loh untuk backup 100GB-an, karena nulisnya lama bener hiks) dimulailah clean install ke Mac OSX Lion-nya.

Setelah installasi selesai, mulailah mindahin data nih ceritanya dari hard disk backup, karena proses ngopy-nya agak lama, jadi ditinggal aja deh (ngapain juga ngeliatin wkwkwkwkw), setelah ditengok beberapa lama kemudian ternyata sudah selesai (yippiiieee). Eh tapi kok pas dicek file-nya ada tapi kenapa size-nya 0 semuanya yak??? (eng ing eeennnggg) Karena kerjaan lagi banyak, gak dihiraukan dulu deh, yg penting kerjaan beres dulu nih ...

Beberapa hari kemudian, coba masukin HD eksternal ini ke Windows 7, dan ternyata oohh ternyata ke detect dan minta FORMAT!!! OMG pusing dah kepala, mana data banyak lagi disini :(( hiks hiks, kemudian coba masukin ke Mac, eh kedetect kok isinya, tapi pas coba copy emang ada beberapa file yang error :((, coba test ke Ubuntu Oneiric, ternyata terdetect bahwa HD eksternal ini corrupt NTFS-nya dan dijelasin harus di chkdsk /f di Windows (baek yaa ubuntu tuh ;)).

Akhirnya setelah masuk Windows 7, colokin HD eksternal, keuar popup minta format, klik aja tombol Cancel, abis itu masuk deh ke Command Prompt DOS, dengan ketik CMD (tapi harus jalan dengan priveledges Administrator ya), kemudian ketik "chkdsk /f f:" (f: ini adalah drive eksternalnya). Setelah melakukan pengecekan, ternyata memang ada beberapa file yang corrupt (wah wah). Setelah ini selesai, reboot ... menungguu ... menungguuu ... pas masuk Windows 7 sudah kedetect lagi deh HD eksternalnya tanpa minta FORMAT :D (Alhamdulillah) ... tapi ya begitu deh file2 yang corrupt masih gak bisa dicopy, akhirnya didelete aja deh.

Udahan aaahhh mo kerja lagiii ;)

Tidak ada komentar: