Sabtu, Juli 27, 2013

Pencarian di Twitter berdasarkan tanggal

Hari ini saya lagi ingin research sedikit mengenai keadaan pelabuhan merak di beberapa tahun kebelakang, tepatnya di hari-hari menjelang lebaran. Niatnya sih untuk bisa tahu kira-kira penyebaran pemudik seberapa banyak ya di masing-masing hari menjelang lebaran.

Untuk sumber informasinya saya mencari dari twitter, karena menurut saya twitter paling tidak bisa mewakili keingintahuan saya mengenai hal mudik merak ini. Langsung deh masuk ke twitter kemudian ketik keyword "Merak", dan langsung tuh keluar semua tweet yang ada tulisan "merak"-nya. Cuma kok waktu dilihat tanggalnya dari hari ini, padahal saya ingin melihat tweet tahun lalu. Kalaupun mau masa harus scroll terus sampe ketemu tweet tahun lalu :P buseett berapa panjang itu liat tweet-nya yak? :D

Ternyata caranya gampang, step-step-nya seperti ini:
1. Masukkan kata kunci yang ingin dicari di box search bagian atas. Misalnya "merak".
2. Setelah keluar list tweet-nya, kita klik lagi box search tadi.
3. Kemudian tambahkan kata "since:tahun-bulan-hari" - sejak kapan.
4. Kemudian tambahkan lagi kata "until:tahun-bulan-hari" - sampai kapan.

Nah contohnya jadi gini nih, karena saya mau mencari kata "merak" dari tanggal 16-08-2012 sampai dengan 19-08-2012, isi box search-nya menjadi: "merak since:2012-08-16 until:2012-08-19". Kemudian tekan enter, dan keluar deh semua tweet didalam range tanggal itu :) cukup mudah bukan? Selamat mencariii ;)

Tidak ada komentar: